Hikmah dari Perintah Makan Sahur Ketika Puasa Ramadhan

Link Banner
Sahur termasuk dalam perkara-perkara yang disunahkan ketika berpuasa.  Sesungguhnya makan sahur merupakan perihal yang telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah ﷺ ketika berpuasa. 
Bahkan Rasulullah ﷺ secara jelas menekankan pentingnya makan sahur, serta Beliau ﷺ melarang umat muslim untuk meninggalkannya, berdasarkan hadits dari Abu Sa’id al Khudri radhiallahu anhu :
“Sahur adalah makanan penuh berkah, oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya sekalipun salah seorang diantara kalian hanya meminum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para MalaikatNya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” (HR. Ibnu Abi Syaibah III/8, dan Ahmad III/112 dan III/44)

Sahur Adalah Berkah
Berdasarkan penjelasan beberapa hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat  Rasulullah ﷺ mengenai keberkahan sahur diantaranya hadits dari Salman radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :

“Keberkahan terdapat pada tiga hal ; Berjama’ah, tsarid (roti yang diremukkan dan direndam dalam kuah) dan makan sahur.” (Hadist Hasan, HR. Ath Thabrani No. 6127, Abu Nu’aim I/57)

Dan dalam riwayat dari Abdullah bin al Harits radhiallahu anhu, dia menceritakan dari seorang sahabat Nabi : “Aku pernah masuk menemui Nabi ﷺ sedang beliau tengah sahur seraya berucap : Sesungguhnya sahur itu berkah yang diberikan oleh Allah kepada kalian, karena itu janganlah kalian meninggalkannya.” (HR. An Nasa’i IV/145 dan Ahmad V/270)

ALLAH DAN PARA MALAIKAT BERSHALAWAT KEPADA ORANG YANG MAKAN SAHUR

Berdasarkan hadits dari Abu Said al Khudri yang telah disampaikan sebelumnya, yakni : “Sahur adalah makanan penuh berkah, oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya sekalipun salah seorang diantara kalian hanya meminum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para MalaikatNya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” (HR. Ibnu Abi Syaibah III/8, dan Ahmad III/112 dan III/44)

Ini merupakan keberkahan yang sangat besar bagi kaum muslim yang makan sahur dimana Allah ﷻ melimpahkan ampunan dan mencurahkan rahmat-Nya. Selain itu para Malaikat juga memohonkan ampunan bagi mereka seraya berdo’a agar Allah ﷻ memaafkan mereka dan agar mereka termasuk orang-orang yang dibebaskan dari Neraka oleh Allah ﷻ pada bulan Ramadhan.

0 Response to "Hikmah dari Perintah Makan Sahur Ketika Puasa Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel